9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama

9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama
Lulus SNMPTN
9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat dengan SNMPTN merupakan suatu wadah yang diberikan oleh pemerintah kita untuk para siswa dan siswi SMA dan sederajat agar bisa dengan mudah melanjutkan jenjang pendidikannya di Universitas Negeri yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan Pendaftaran SNMPTN yang dimulai pada tanggal 21 Februari dan berakhir pada 6 Maret 2017, menjadi saat yang wajib dinantikan dan ditunggu tunggu oleh seantero siswa di seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya dijenjang perkuliahan.

Dengan banyak syarat dan kriteria, menjadikan SNMPTN pada tahun 2017 ini semakin ketat menyeleksi para pendaftar SNMPTN yang ingin lulus di Universitas favorit mereka masing masing.

Siapa sih yang ngga seneng kalau dapet hasil pengunguman SNMPTN yang seperti ini?
Lulus SNMPTN
Lulus SNMPTN
Nah kali ini Pepasta.id akan membagikan 9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama yang kebetulan admin Pepasta.id sendiri sudah pernah alami dan puji Tuhan akhirnya lulus SNMPTN di Universitas favorit dengan cara yang seperti ini.

BACA JUGA : Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya

Emang bagaimana sih caranya?

Inilah 9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama

1. Pilihlah Jurusan Yang Sesuai Dengan Bakat dan Minat Kamu

Pilihlah Jurusan Yang Sesuai Dengan Bakat dan Minat Kamu
Pilihlah Jurusan yang kamu minati
     Kesalahan saat memilih jurusan yang tidak tepat sering kali menjadi penyebab seseorang tidak lulus di SNMPTN. Cara yang tepat dan benar untuk memilih suatu jurusan adalah kalau kamu saat SMA berada di jurusan MIPA, kamu juga harus mengambil jurusan yang sesuai atau berhubungan dengan MIPA saat pemilihan jurusan dan prodi di SNMPTN.
Begitu juga dengan yang ada di jurusan IPS dan Bahasa, kamu harus memilih jurusan dan prodi yang sesuai dengan jurusan yang kamu ikuti saat di SMA.

Sebaiknya, jangan coba coba untuk lintas jurusan ya guys, misalnya kamu yang ada di jurusan MIPA ambil jurusan IPS atau Bahasa, atau ambil Teknik, atau juga sebaliknya. Bukan tidak mungkin kamu lulus di SNMPTN dengan cara tersebut, tapi yang seperti itu peluang lulus untuk diterima Universitas yang kamu tuju jadi semakin kecil lho!

Jadi, pilih baik baik dan matang matang ya jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu, supaya bisa lolos di Universitas yang kamu idam idamkan..

2. Daya Tampung dan Jumlah Peminat tiap Program Studi

Daya tampung dan jumlah Peminat tiap Program Studi
Daya tampung dan jumlah Peminat
     Dalam pemilihan Prodi (Program Studi) di SNMPTN usahakan kamu harus melihat dan menganalisa jumlah peminat dan daya tampung yang ada di tiap jurusan dan prodi di Universitas yang kamu tuju.
Kalian bisa kok melihat data Jumlah Peminat dan daya Tampung seluruh Universitas Negeri yang tersedia di laman SNMPTN.

Kamu juga harus memastikan bahwa tiap tiap jurusan maupun prodi di Universitas yang kamu tuju memiliki kapasitas daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit, karena dengan ini akan memperbesar kemungkinan kamu untuk diterima dan lolos SNMPTN.

3. Daya Saing dan Pesaing

Daya saing dan Pesaing di Universitas maupun di Jurusan
Daya saing dan Pesaing di Universitas maupun di Jurusan
     Lulus di Universitas Negeri favorit dan ternama mungkin adalah impian bagi setiap siswa yang mengikuti SNMPTN pada tahun ini. Tapi kamu juga jangan terlalu memaksakan diri untuk bersikeras memilih jurusan di Universitas yang difavoritkan oleh cukup banyak orang di seluruh Indonesia. Kamu harus memikirkan dahulu siapa siapa para pesaing kamu di Universitas dan di jurusan tersebut, bagaimana nilai raport kamu, tinggi atau rendah, cukup untuk menyaingi orang lain atau tidak, dan juga yang terpenting adalah siapa saja pesaing yang berasal dari sekolah kamu yang memilih di universitas atau dijurusan yang kamu pilih tersebut.

Lho? Emangnya kenapa? Karena kalau kamu mempunyai kemampuan atau nilai yang standard atau biasa biasa saja dan tidak cukup untuk bersaing, kemungkinan kamu untuk lulus SNMPTN di Universitas dan dijurusan favorit kamu menjadi sangat kecil, kecuali kamu mempunyai prestasi yang cukup dan juga nilai yang baik.

BACA JUGA : Diving dan Liburan ke Bunaken

4. Nilai Raport

Nilai Raport
Nilai Raport
     Banyak yang menganggap atau menilai kalau nilai raport yang selalu naik dan stabil memiliki peluang dan kemungkinan yang cukup besar untuk bisa lulus SNMPTN di Universitas favorit.

Memang hal itu benar, namun untuk kamu yang mempunyai nilai yang cenderung menurun terus ngga usah khawatir kok, asal jangan terlalu drastis dan anjlok aja ya turunnya ditiap semester, karna kalau begitu kemungkinan kamu untuk lulus SNMPTN semakin berkurang.

5. Prestasi Akademik dan Non Akademik

Prestasi Akademik dan non Akademik
Prestasi Akademik dan non Akademik
     Kalau kamu mempunyai prestasi prestasi di sekolah maupun di luar kegiatan sekolah, seperti memenangkan berbagai kegiatan lomba atau apapun jenis prestasinya itu, lampirkan aja.
Karena dengan prestasi yang kamu dapat tersebut sangat membantu kamu untuk berpeluang besar lulus di SNMPTN.

6. Sekolah

Akreditasi Sekolah
Akreditasi Sekolah
     Meskipun nilai diraport mu kurang begitu baik ataupun bagus, tetapi kalau kamu bersekolah yang mempunyai akreditasi dan nama yang cukup baik, kemungkinan kamu untuk bisa lulus di SNMPTN menjadi semakin bertambah.

Tetapi kalau kamu bersekolah di sekolah yang memilik aktreditasi yang cukup rendah, kamu harus berjuang lebih keras untuk bisa lulus SNMPTN.

7. Alumni Sekolah Kamu di Universitas

Alumni Sekolah
Alumni Sekolah
     Kamu juga harus memperhatikan alumni alumni sekolah kamu yang lulus SNMPTN tahun lalu. Karna kalau kamu mendaftar SNMPTN di Universitas yang mempunyai banyak alumni dari sekolah kamu yang diterima menjadi mahasiswanya, itu akan menambah nilai plus kamu untuk berpeluang lulus di Universitas tersebut.

Berbeda lagi jika alumni dari sekolah kamu lulus SNMPTN di Universitas tersebut namun memilih untuk tidak pergi atau tidak melanjutkan kuliah disana, mungkin saja sekolah kamu akan mendapatkan cap Blacklist dari Universitas tersebut dan dampaknya akan datang ke kamu atau angkatan angkatan sesudah kamu yang bisa saja tidak diterima di Universitas itu.

BACA JUGA : Takkan Kami Lupakan Sampai Kami Tua Nanti

8. Pengurutan Jurusan saat Pendaftaran SNMPTN

Pengurutan Jurusan saat Pendaftaran SNMPTN
Pengurutan Jurusan
     Dan tips yang terakhir dan yang terpenting adalah Pengurutan Jurusan saat Pemilihan SNMPTN. Pertama kamu harus memilih Universitas yang kamu tuju dimana kamu yakin untuk lulus dan berkuliah disana.
Dan cara yang benar dan tepat untuk mengurutkan prodi atau jurusan saat mendaftar dipemilihan SNMPTN adalah kamu harus pastikan bahwa dibagian pertama atau diurutan nomor satu adalah jurusan yang kamu tuju atau jurusan favorit kamu.

Dan dipemilihan prodi atau jurusan yang ke dua, pilihlah prodi atau jurusan yang mungkin masih menjadi favorit kamu atau yang masih ada hububungannya dengan jurusan kamu saat di sekolah.
Dan yang ke 3 atau yang terakhir, pilihlah prodi atau jurusan yang mempunyai daya tampung yang cukup banyak dan pesaing yang sedikit.

9. Pasrah dan Berdoa

Pasrah dan Berdoa
Berdoa
     Dan yang terpenting dari yang paling penting adalah kamu harus pasrah, berserah, dan Berdoa kepada sang Khalik. Karna akan percuma jika kamu memilih dan memiliki impian untuk lulus SNMPTN jika tidak ada restu yang bukah hanya dari Tuhan tapi juga dari orang tua.

Dan jika ternyata kamu belum lulus SNMPTN di Universitas yang kamu idam idamkan, masih ada SBMPTN kok yang disediakan pemerintah kita untuk bisa melanjutkan para pelajar yang ingin kuliah di Universitas Negeri di Indonesia.

Itulah 9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama yang dapat Pepasta.id rangkum dan bagikan.
Semoga beruntung dan lulus SNMPTN ya guys :)

Subscribe to receive free email updates:

40 Responses to "9 Tips and Trick Lulus SNMPTN di Universitas Ternama"

  1. kurang satu gan. konsultasi dengan guru BK. sangat vital sekali itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, karna mereka juga lebih paham tentang hal seperti itu.

      Delete
  2. Kalau mau tips ini diberikan saat siswa masih kelas2 awal di sma/smk biar mereka punya motivasi buat masuk ptn lewat snmptn sekaligus bagusin raport mereka hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan. Apalagi SNMPTN itu udah gampang banget sekarang.

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih gan. Semoga bermanfaat. Hehe

      Delete
  4. Bermanfaat sekali infonya gan apalagi yg mau daftar kuliah jalur ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan. Share ke teman teman lain ya gan.

      Delete
  5. Menentukan juga yh alumni sma di universitas? Baru tahu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, tapi kalau alumni nya ngga ambil kesempatan itu nanti jadi berdampak negatif.

      Delete
  6. yang udah kelas 3 SMA/K wajib baca ini biar punya ancang-ancang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sis. Sharing ke teman teman lain ya.

      Delete
  7. Replies
    1. Terima kasih gan. Semoga bermanfaat. Hehe

      Delete
  8. cocok buat saya yg masih kelas 2 Sma, karena untuk menentukan pilihan itu sulit,, makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat gan. Sharing ke teman teman lain juga ya.

      Delete
  9. berdoa sih yang paling utama, btw makasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan. Semoga bermanfaat. Hehe

      Delete
  10. Mantab min, moga-moga besok saat setelah lulus bisa diterima di universitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga beruntung dan lulus ya gan. Hehe

      Delete
  11. Untuk bisa lulus di snmptn bukanlah hal yg mudah, butuh persiapan yang matang jauh2 hari.. Sangat bermanfaat gan artikelnya untuk kita2 yang berjuang demi mendapat universitas yang diimpikan.. Thanks gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget gan. Sharing ke temen temen lain juga ya.

      Delete
  12. Nice artikel. Semoga tahun depan bisa diterima :)

    ReplyDelete
  13. nice gan, moga berguna untuk kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan. Sharing ke temen temen lain juga ya.

      Delete
  14. kemarin saya sempat daftar dan nggak diterima jadi harus ikur SBMPTN, dengan tips ini mudah2an para siswa yang ingin menjadi mahasiswa di universitas ternama bisa terbantu. Mantap tipsnya

    ReplyDelete
  15. wah bnar sekali, sama kalau saya sering bermain ke BK kemudian membandingkan rata-rata nilai rapot saya dengan para alumni yang lolos dari PTN ternama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tau perbandingannya ya gan. Bisa lulus atau nda.

      Delete
  16. bermanfaat gan , tapi tahun depan baru SNMPTN

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Thanks gan. Share ke temen temen lain ya.

      Delete
  18. Replies
    1. Sip gan. Sharing ke temen temen lain ya.

      Delete
  19. Thanks bro buat infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan. Sharing ke temen temen lain ya. Hehe

      Delete
  20. saya dulu pakai cara nomor 2, waktu itu manajemen informatika daya tampungnya banyak tapi sedikit yang nyari. Jadi gampang lulusnya

    ReplyDelete