Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya

Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya

Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya – Dikehidupan yang serba maju dan modern seperti sekarang ini, manusia tidak bisa lepas dengan apa yang namanya gadget. Dengan kecanggihan teknologinya, membuat gadget diketahui dan dipakai oleh setiap orang untuk membantu setiap pekerjaan dengan cepat dan efektif.
Bahkan tanpa sadar kita sering mendengar dan mengucapkan istilah 'Gadget' dalam keseharian kita.

Tapi kamu tahu ngga sih apa itu yang namanya gadget? Apa sih dampaknya positif dan negatifnya bagi kita? Dan apa aja yang termasuk dalam kategori gadget?
Mari kita Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya bagi kehidupan manusia.

Definisi Gadget atau Gawai

Gadget atau Gawai
Gadget atau Gawai
     Gadget merupakan sebuah sebutan dalam bahasa Inggris yang artinya  sebuah perangkat elektronik kecil yang mempunyai tugas dan fungsi khusus.

Lho? Lalu apasih bedanya Gadget dengan barang elektronik yang lain?
Perbedaan gadget atau gawai dengan perangkat elektroniknya terdapat dipembaharuan atau versi yang lebih unggul dari versi yang sebelumnya.

Jadi, gadget merupakan sebuah alat elektronik yang mempunyai unsur pembaharuan yang dalam waktu ke waktu dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan praktis.
Contohnya adalah komputer dan telepon rumah, telepon rumah dan komputer termasuk dalam kategori alat atau perangkat elektronik.
Lalu coba kita bandingkan perangkat elektronik tadi dengan handphone/smartphone dan laptop.
Mana lebih praktis dan efisien? Smartphone dan laptop bukan? Itulah salah satu contoh definisi gadget.

BACA JUGA : 7 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Ampuh

Alat Elektronik dan Gadget

Komputer dan Laptop/Notebook/Netbook

Komputer dan Laptop/Notebook/Netbook

Telepon rumah dan Handphone/Smartphone

Telepon rumah dan Handphone/Smartphone

Playstation dan Xbox atau PSP

Playstation dan Xbox atau PSP

     Beberapa contoh tersebut adalah salah satu gadget yang mempunyai perkembangan yang cukup pesat dan signifikan sehingga cukup banyak orang yang membeli gadget untuk keperluan tertentu.

Dampak Positif dari Gadget

Dampak Positif dari Gadget
Media Sosial
     Banyak sekali dampak positif gadget bagi manusia, bukan hanya dalam pekerjaan sehari hari namun juga dalam bersosial.
Dengan kecanggihan gadget, mungkin ketika kita sedang merasa bosan, kita akan memainkan gadget dan bermain game.

Atau para karyawan yang dapat membuat presentasi atau dokumen dokumen penting dengan bantuan laptopnya.
Pelajar yang dapat membuka internet dihandphonenya untuk mengetahui lebih dalam dan belajar tentang pelajaran pelajaran yang ingin diketahui, dll.

Bahkan kita bisa berkenalan dengan banyak orang dimedia sosial Facebook, Twitter dan yang lainnya dengan bantuan gadget dan internet.

BACA JUGA : Inilah 7 Karakter Perempuan Paling Cantik di Serial Anime! Jangan Naksir ya..

Dampak Negatif dari Gadget

Dampak Negatif dari Gadget
Internet Positif
     Walau gadget memberikan begitu banyak keuntungan dan dampak positif bagi para pemakainya, jika kita tidak bijak dalam mempergunakannya, gadget bisa memberi banyak kerugian dan dampak negatif. Salah satu dampaknya bagi manusia adalah ketidakmampuan manusia untuk hidup sendiri.

Bisa kita lihat, hampir setiap saat para pengguna media sosial Facebook ingin selalu bercerita tentang emosi dan hidupnya kepada pengguna lain atau orang lain lewat update status.
Hal itulah yang membuat manusia semakin lama tidak memiliki kemampuan untuk hidup sendiri dan menyelesaikan masalahnya.

     Dan kemudian salah satunya adalah kemudahan untuk mengakses internet lewat perangkat gadget juga membuat hidup kita semakin mudah dan cepat untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dan kita mau. Dan akibatnya adalah seseorang menjadi semakin malas, tidak mau berusaha untuk mencari tahu, dan tidak tahan banting karena selalu mengandalkan internet dalam mencari tahu sesuatu.

Dan juga yang terpenting adalah situs-situs yang tidak bermanfaat dan tidak ada bobotnya yang bukan menguntungkan tapi malah merugikan. Situs situs yang tidak baik untuk dilihat dan berbahaya bukan hanya kepada anak anak tapi juga kaum dewasa. Seperti situs pornografi, judi online, dll.

     Gadget dan perangkat alat elektronik lainnya memang bisa memudahkan dan membantu hidup kita, namun kita juga harus bijak dan perlu untuk membatasi waktu penggunaannya sehingga hal tersebut tidak mengganggu waktu berharga kita bersama keluarga dan para sahabat.

Selain itu juga, akseslah situs-situs atau website yang memang bermanfaat untuk kita lihat dan membuat kita menjadi semakin cerdas.

BACA JUGA : Diving dan Liburan ke Bunaken

Demikian lah artikel tentang Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya yang dapat Pepasta.id rangkum.
Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

43 Responses to "Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampaknya"

  1. Beruntung Bagi Mereka Yang Nggak terkena Virus Negatif Internet :D
    Nice Info Gan

    ReplyDelete
  2. semua ada positif negatifnya, yang pasti kita harus pintar pintar sekarang menggunakan smartphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama kita harus bijak juga ya gan.

      Delete
  3. sangat bermanfaat gan trimakasih infonya

    ReplyDelete
  4. Wah jadi tambah ilmu nih. Thanks gan

    ReplyDelete
  5. Semua memiliki dampak positif dan negatif gan
    tergantung kita mau ambil manfaat yg mana. Positif or negatif??
    Nice info gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, yang penting harus bijak memakainya

      Delete
  6. bagus banget gan artikelnya saya suka :D

    ReplyDelete
  7. Ooh ini to yang namanya gadget. Artikelnya lengkap...Thanks infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, thanks ya gan. Semoga bermanfaat.

      Delete
  8. internet positif itu terkadang juga menganggu kita loh sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mengganggu kalau agan buka yang aneh aneh. hehe

      Delete
  9. seperti koin mempunyai dua sisi ya! yang penting kita harus tetep bisa mengontrol, nice artikel kak bagus banget penjelasannya sangat rinci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sis. harus bijak dalam menggunakan gadget dan internet.

      Delete
  10. nice info gan, sangat membermanfaat , ya sesuatu psti ad dampak + n - nya , thanks infonya gan

    ReplyDelete
  11. kalo aku sih gk terlalu suka gadget , aku malahan gk punya hp karena tau dampaknya yang gede walau aku seorang blogger yang membutuhkan hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga salah juga gan kalau punya gadget, tapi harus bijak memakainya.

      Delete
  12. Klo menurut gw sih lappy sama psp sih gpp ya, tpi klo tab mah bener tuh ga boleh

    ReplyDelete
  13. nice info gan kebetulan ane sering main gadget :vv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal ngga buka yg lain lain aja gan. Hehe

      Delete
  14. Nice info gan.. yang penting tetap bijak dalam menggunakan gadget

    ReplyDelete
  15. Emang sih segala seauatu ada sisi positif nya dan ada sisi negatifnya ,asalkan kita bijak dalam menghunakannya ,pasti bermanfaat bagi kita .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget gan. Harus memanfaatkan dengan baik.

      Delete
  16. Mungkin dampak negatif pengaruhnya sangat buruk bagi anak usia dini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, kalau ngga diperhatikan sama orang dewasa jadi kurang baik.

      Delete
  17. Internet positif, geli denger kata kata ini, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keseringan buka yg lain lain sih gan. Wkwk

      Delete
  18. Benar juga gan, perkembangan teknologi pada gadget tidak sepenuhnya berdampak positif namun juga memiliki dampak negatif tergantung dari masing - masing penggunanya..

    ReplyDelete