Mendaki Keindahan Puncak Gunung Mahawu

Puncak Mahawu dan Keindahannya

Indahnya Puncak Gunung Mahawu
Puncak Gunung Mawahu
    Pepasta.id - Berada di daerah Sulawesi Utara, Gunung Mahawu menjadi tempat destinasi wisata yang cocok untuk mendaki keindahan di puncak gunung, terletak di Kota Tomohon yang berada di sebelah timur gunung berapi aktif Gunung Lokon dan Gunung Empung. Dengan ketinggian sekitar 1.311 mdpl, membuat gunung ini agak mudah untuk dicapai puncaknya oleh para wisatawan.

Mengapa dinamakan gunung Mahawu?
    Karena orang Minahasa melihat bahwa gunung ini selalu mengeluarkan asap atau abunya, maka disebutlah Mahawu. Atau dengan bahasa adat Tombulu, sebutan lain dari gunung ini adalah Roemengas.
Tempat wisata ini selalu ramai akan pengunjung yang datang untuk menikmati liburan bersama dengan teman teman atau bersama dengan keluarga tercinta.

    Berjarak dari Manado, untuk menempuh ke tempat ini sekitar 21 kilometer jauhnya, dengan lama perjalanan sekitar 45 menit memakai kendaraan. Dan disaat perjalanan kita akan melewati kota bunga, kota Tomohon.


    Tomohon juga dikenal warga dengan sebutan kota Bunga.

Mengapa? Karena di tempat ini terdapat hamparan bunga-bunga yang begitu luas nan indah yang menarik mata untuk memandang. Kumpulan bunga bunga ini berada tepat di pinggiran jalan, tempat persinggahan, dan juga di sekitar rumah-rumah warga yang dipenuhi dengan bunga bunga yang sengaja ditanam untuk mempercantik wilayah halaman mereka.

    Ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk, semakin menambah daya tarik pengunjung untuk pergi bersinggah ke kota ini.
Rute menuju ke Gunung Mahawu
Rute menuju ke Gunung Mahawu
    Munuju Mahawu, disana kita bisa melihat berbagai lahan lahan pertanian milik warga, khususnya sayur-sayuran yang berada tepat di lereng gunung Mahawu tersebut. Karena tempat ini termasuk dataran tinggi, suhunya yang sejuk dingin dan tanahnya yang subur sangat cocok menjadi tempat untuk menanam berbagai macam buah buahan dan sayur-sayuran, seperti wortel, kembang kol, tomat, jagung, bengkoang, dan kelapa.
    Setibanya di area dekat gunung, ada terdapat beberapa tempat yang disediakan untuk para pengunjung untuk beristirahat melepas lelah saat diperjalanan sembari berfoto foto dengan objek wisata yang ada di sekitar.

    Melanjutkan perjalanan, dalam perjalanan untuk menuju ke atas, kita akan melihat di sekeliling kawasan banyak terdapat hutan hutan lebat yang manarik mata ditambah lagi dengan menghirup udara yang segar.

    Dan kalau beruntung, selama kita diperjalanan kita dapat melihat burung burung endemik khas dari Sulawesi yaitu burung madu Sangihe. 

        BACA JUGA : Diving dan Liburan ke Bunaken

Eitss..
Nanti dulu..
Kita harus sedikit bersabar untuk bisa mencicipi keindahan sang Gunung Mahawu ini.
Dalam perjalanan menuju ke atas, kita ditantang untuk menaiki anak tangga beton yang cukup bisa melelahkan kita untuk menuju puncak ke Gunung Mahawu agar bisa menikmati keindahannya.
Tangga untuk menuju Gunung Mahawu
Tangga menuju puncak Mahawu
    Lelah, letih, lesu, capek yang sudah kita rasakan akan hilang seketika setelah kita sampai ke puncak dan menikmati alam karya ciptanNya yang begitu menakjubkan..
Kita akan melihat pemandangan pemandangan yang sangat memanjakan dan menarik mata untuk melihat..

    Dan apa saja yang keindahan yang bisa kita lihat dari Gunung Mahawu ini?



1. Kawah Gunung Mahawu

Kawah di puncak Gunung Mahawu
Kawah di puncak Gunung Mahawu
    Setelah meletuskan dirinya ditahun '90an, di atas puncak Gunung Mahawu kita bisa melihat betapa cantiknya perpaduan warna kawah yang berwarna biru kehijau-hijauan.

    Dan di sekitar kawah ini kita masih tetap bisa merasakan aroma khas dari belerang Gunung Mahawu. Dan walaupun gunung tersebut sudah tidak aktif lagi, para wisatawan tetap dilarang untuk turun ke bawah atau mendekati kawah, hal ini dikarenakan untuk menjaga keselamatan dari para pengunjung yang mendatangi kawah tersebut.


    Walaupun danau bekas kawah ini sebagian sudah mengering di pinggirannya, daya tarik masyarakat dan wisatawan tidak mempengaruhi niat mereka dan bahayanya hanya untuk turun dan berfoto foto ria.



Iniloh Keuntungannya Punya Pacar Yang Mukanya Pas Pasan..

2. Mahawu sebagai Hutan Lindung

Burung Madu Sangihe di hutan lindung Gunung Mahawu
Burung Madu Sangihe di hutan lindung Mahawu
    Selain memiliki daya tarik pada kawahnya yang eksotis, Mahawu juga dikenal sebagai kawasan hutan yang di lindungi di negara kita Indonesia. Dan di dalam hutan dari gunung ini, juga terdapat banyak tumbuh tumbuhan langka yang dilindungi.
    Salah satunya adalah kantung semar. Tumbuhan langka Indonesia ini masih ada di dalam hutan gunung Mahawu.

    Dengan banyaknya keanekaragaman hayati dan berbagai macam jenis tumbuh tumbuhan dan binatang liar di dalamnya, selain menjadi objek wisata di kota Tomohon, Mahawu ini juga dikenal sebagai tempat penelitian para peneliti, turis, dan mahasiswa.



BACA JUGA : Menyusuri dan Menikmati Keindahan Alam di Desa Sendiri

3. Pemandangan Yang Menakjubkan

Laut Manado Tua dari atas puncak gunung Mahawu
Laut Manado Tua dari atas puncak gunung Mahawu
    Setelah mendaki puncak gunung Mahawu dan berkeliling di atasnya, kita dapat menikmati keindahan alam di Sulawesi Utara ditambah dengan udara yang sangat dingin, sejuk dan segar dan daerah hutan yang masih terasa sangat alami, bersih dan terawat.
Tidak ada sampah yang berserakan atau berceceran di atas gunung ini.

    Dari puncaknya kita bisa melihat eksostisme pulau Manado Tua yang terlihat seakan akan seperti terapung di laut Sulawesi.
    Melihat pemukiman warga kota dari atas gunung Mahawu, melihat bentangan luasnya laut Sulawesi dan pulau pulaunya, menjadikan destinasi wisata di gunung Mahawu ini wajib untuk kamu coba dan kamu daki.


Bagaimana?
Tertarik untuk menaklukan sang gunung Mahawu ini? 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Mendaki Keindahan Puncak Gunung Mahawu"

  1. beehh mantep bener pemandangannya, kapan kapan kesana ahh sama temen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sama temen, makin asing mndakinya gan. Hehe

      Delete
  2. Wah artikel keren.. Jd pengen berangkat hiking dan berpetualang ke alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pergi sama teman teman ya gan. hehe

      Delete
  3. Semoga nanti yang terbaik yang menjadi gubernur DKI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah komen artikel nih kayanya gan. Hehe

      Delete
  4. Wah kebetulan lagi suka mndaki nih thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Pemandangan nya masih asri cocok untuk tujuan liburan nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, apalagi bareng keluarga atau temen temen.

      Delete