Diving dan Liburan ke Bunaken

Indahnya Pesona Bawah Laut Bunaken

Indahnya Pesona Bawah Laut Bunaken
Taman Nasional Laut Bunaken, Sulawesi Utara
Pepasta.id - Diving dan liburan ke Bunaken bisa menjadi salah satu wisata yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama teman teman ataupun keluarga tercinta.


Wisata alam di negeri kita Indonesia memang sangat indah dan menakjubkan, bukan hanya gunung gunung yang menjulang tinggi ke langit tetapi juga laut yang memberikan pesona indahnya bagi mata yang memandang, itulah mengapa kita harus bangga terhadap Indonesia sebagai negara yang begitu kaya akan keindahan alam yang ada di dalamnya.

Siapa sih yang ngga tau Bunaken ini? 
    Sebuah pulau yang ada dibagian utaranya Sulawesi, Indonesia ini merupakan Taman Nasional yang sangat terkenal dengan destinasi wisaata alam bawah lautnya bukan hanya di negeri kita tetapi juga di mancanegara.
    Dengan luas sekitar 8,08 km², sebagian besar dari Taman Nasional ini merupakan habitat laut dan sebagian kecilnya hanya daratan sebagai pulau pulau kecil yang diantaranya :
  • Pulau Bunaken
  • Pulau Manado Tua
  • Pulau Naen
  • Pulau Mantegahe
  • dan Pulau Siladen
Taman Nasional Bunaken ini memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya dan beragam.
Taman yang terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat yang sangat baik bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan-ikan dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan wakil dari ekosistem laut di Indonesia, karena meliputi padang lamun, rumput laut, terumbu-terumbu karang dan ekosistem pantai.

Nah, hebatnya lagi, Bunaken ini merupakan tempat yang sangat indah bukan hanya di pulaunya tetapi juga di bawah lautnya.
Memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) atau snorkling yang kedalamannya bisa sampai 1.340 meter.. Dari 20 titik tersebut, 12 titik snorkling dan dive spot berada disekitar pulau Bunaken dan titik penyelaman inilah yang sering dikunjungi oleh para divers dan para pecinta alam bawah laut.
Diving di Dinding Laut Bunaken
Diving di dinding Raksasa Bawah Laut Bunaken
Dan di 12 titik tersebut juga terdapat dinding dinding karang raksasa yang disebut juga hanging walls dan dinding karang ini menjadi tempat berkumpulnya ikan ikan dengan sumber makanan mereka dan tempat tinggal ikan dan karang di dalamnya.

Dengan keindahan dan pesona pesonanya, pulau Bunaken memiliki fasilitas fasilitas yang akan memanjakan para wisatawan yang berkunjung atau berliburan ke sana.. 

Baca juga : Mendaki Keindahan Puncak Gunung Mahawu 

1.  Transportasi ke Pulau Bunaken

Kapal ke Bunaken
Transportasi liburan dengan kapal ke Bunaken
Liburan ke pulau Bunaken dan pulau lainnya cukup gampang untuk dikunjungi dengan menaiki kapal kapal motor yang berada di pelabuhan. Dengan harga yang cukup murah sekitar Rp 50.000 sekali jalan.

Atau bisa juga dengan memesan atau menyewa kapal untuk pergi dan berkeliling ke pulau pulau yang ada di Taman Nasional Bunaken.

2. Penginapan

Penginapan di Bunaken
Penginapan pinggir pantai di Bunaken
Di Pulau Bunaken, Manado Tua, Naen, Mantehage dan pulau Siladen memiliki tempat penginapan penginapan yang sangat nyaman dan tentu juga menarik, harganya bervariasi mulai dari Rp 50,000 orang per hari sampai dengan ratusan ribu dengan fasilitasnya yang memadai.

Pengalaman..

Waktu gue dan teman teman lagi jalan jalan dan liburan ke pulau Siladen, memang penginapannya bagus dan dirawat, ya walaupun cuman jalan jalan aja sih ngga nginap. hahaha
Dan waktu itu gue juga liat ada juga beberapa turis mancanegara atau bule yang suka banget berkunjung, diving, foto foto dan menginap di pulau pulau Bunaken ini..
Dan memang, penginapan penginapan yang ada di pulau Bunaken dan teman temannya merupakan penginapan yang eksotis dan nyaman untuk berlama lama menikmati liburan di Manado.

BACA JUGA : Menyusuri dan Menikmati Keindahan Alam di Desa Sendiri

3. Kuliner

Kuliner Pulau Bunaken Khas Manado
Kuliner Khas Manado
Nah, tidak sedap rasanya jika menikmati wisata  liburan kita ke pulau Bunaken tanpa mecicipi kuliner kuliner khas yang ada Manado seperti bubur Manado, nasi kuning, ayam rica rica, pisang goroho dan makanan laut lainnya.

Banyak terdapat rumah makan, kafe kafe, ataupun restoran yang berada di sepanjang Manado dengan makanan makanan yang enak yang bisa memanjakan lidah kita.

4. Liburan Keliling Pulau Bunaken

Pulau Siladen dan Bunaken
Pulau Siladen
 Diving atau snorkling menjadi pilihan terbaik untuk berkeliling dan menikmati liburan kita di pulau Bunaken atau di pulau lainnya seperti di pulau Siladen, dengan titik titik penyelaman (dive spot) yang menarik dan juga indah dan juga keanekaragaman hayati laut yang begitu menarik mata.

Bisa menikmati pesona bawah laut Bunaken merupakan hal yang wajib bagi para pengunjung yang datang menikmati wisata di pulau tersebut.
Atau juga kita bisa hanya berkeliling atau berjalan kaki di sekitar pantai, cukup dengan memandang dan menikmati bersama teman teman atau keluarga merupakan pengalaman yang menyenangkan.

BACA JUGA : Inilah 7 Karakter Perempuan Paling Cantik di Serial Anime! Jangan Naksir ya..

5. Belanja

Souvenir Pulau bunaken
Souvernir Pulau Bunaken
Kerajinan kerajinan tangan yang beragam bisa menjadi oleh oleh dan souvernir untuk dipakai atau dibawa pulang. Seperti hiasan hiasan dari kerang, terumbu karang, ukiran kayu dan lain lain.

    Atau juga bisa memilih untuk berbelanja di pusat kota Manado, karna banyak mall mall besar yang cocok untuk memilih berbagai barang barang yang sesuai dengan pilihan, seperti kaos kaos, makanan makanan, dan lain lain.
Sunset di Pulau Bunaken
Marijo Torang Jaga Bunaken
Karena Taman Nasional Bunaken merupakan kekayaan alam di negeri kita Indonesia, mari kita menjaga dan melestarikan Taman Nasional ini agar tetap terjaga baik dan terkenal di lokal ataupun di internasional..


Terima kasih telah membaca.

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Diving dan Liburan ke Bunaken"

  1. wah pingin banget kesana nih tapi duit masih belum ada :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengeluaran juga tuh gan. Hehe

      Delete
    2. Tpi tempatnya benar" bikin ngiler gan,. pengeluaran mesti dikhlasin untuk tempat sperti ini. hehehe

      Delete
    3. Betul gan, karna duitnya ngga abis sia sia.

      Delete
  2. pulau indonesia keren" sayangnya belum punya uang untuk berwisata kesana haha

    ReplyDelete
  3. Bagus. Sebenarnya pengen. Tapi gak tahu kenapa aku belum berani diving bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. karna belum coba gan, kalau udah coba, pasti ketagihan wkwkwk.

      Delete
  4. keren banget, kapan kapan kesana hehe

    ReplyDelete
  5. dari kecil ane ingin kesana, tapi sampai sekarang belum pernah kesana

    ReplyDelete
  6. Ya marijo torang sama2 liburan ke bunaken

    ReplyDelete
  7. kalo diperkirakan butuh biaya berapa ya min buat liburan kesitu, saya dari jawa barat, bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas ngga sedikit gan modalnya. Apalagi pake pesawat.

      Delete
  8. jadi pengen berkunjung kesana, nice info, thanks gan

    ReplyDelete